Tuesday, October 12, 2010

Peran Habbats Terhadap Narkoba (2)

KAMIS, 24 JUNI 2010 10:00 oleh DOKTER INSAN di
PERAN HABBATUSSAUDA (BLACKSEED) DI DALAM
MEMERANGI KECANDUAN NARKOBA JENIS OPIUM (Bagian 2)


II. Habbatussauda/Jintan Hitam (Blackseed), Nigella sativa
Habbatussauda berasal dari bahasa Arab, dari kata Habbah yang berarti biji, dan sauda yang berarti hitam. Yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Biji Hitam atau Jintan Hitam, dan dalam bahasa Inggris disebut Black Seed atau Black Cumin, dan bahasa latinnya Nigella sativa.
Habbatussauda termasuk family Ranunculaceae, yang merupakan tumbuhan dengan bunga yang berwarna putih kebiruan. Tinggi pohonnya bisa mencapai 50 hingga 60 cm. Bijinya yang berwarna hitam, awalnya berwarna putih, lalu seiring dengan proses pematangan biji warnanya menjadi hitam. Bijinya kecil, seperti biji wijen dengan rasa yang khas, agak pahit, pedas dan seringkali pengar di tenggorokan.
Diriwayatkan dalam Shahih Al Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Salamah, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda :
"Hendaknya kalian mengkonsumsi Habbatussauda (jinten hitam), karena di dalamnya mnengandung obat untuk segala jenis penyakit, kecuali As Saam."
As Saam adalah kematian.
Di dalam kitab Thibbun Nabawi, Ibnul Qoyyim Al Jauziyah menuliskan:
Jintan Hitam memiliki banyak khasiat. Arti sabda Nabi saw ‘obat dari segala jenis penyakit', seperti firman Allah: "menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Rabb-nya" yakni segala sesuatu yang bisa hancur. Banyak lagi ungkapan-ungkapan sejenis. Jintan hitam memang berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena factor temporal. Jintan hitam bisa menyalurkan energi obat dingan dan basah ke sumber penyakit dengan amat cepat, bila dikonsumsi sesuai kadarnya.
Di dalam dunia medis modern, habbatussauda telah diteliti baik kandungan maupun khasiatnya melalui serangkaian riset. Hasil dari riset dan penelitian tersebut ternyata makin hari makin membuktikan bahwa apa yang disabdakan oleh Rasulullah saw tersebut benar adanya. Beberapa khasiat habbatussauda sesuai riset farmakologi medis diantaranya habbatussauda dapat dipakai sebagai:

Antibiotika
Antihistamin/anti alergi
Anti hipertensi sekaligus antihipotensi
Hepatoprotektor dan renoprotektor
Antimikosis/anti jamur
Anti ulkus petikum/tukak lambung
Kontrasepsi
Antiinflamasi/anti radang
Anti kanker
Meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh
Antidiabetes/kencing manis
Antikolesterol
Antihelmintik/obat cacing
Antiepilepsi
Sedemikian banyaknya khasiat sehingga pantas dijuluki sebagai obat segala jenis penyakit. Hanya saja sayangnya banyak kalangan kurang memahami dan mengetahui khasiat dan dosis dari habbatussauda. Sehingga yang mengkonsumsinyapun hanya sebatas konsumsi dengan jumlah yang tidak memungkinkan memberikan efek kesembuhan yang diharapkan.

bersambung....

No comments:

Post a Comment